Senin, 13 Juni 2011

hindari stres.

Evolusi telah memberikan manusia bermacam mekanisme untuk menghadapi tantangan hidup dan perubahan karena tubuh kita diatur secara biologis dengan proses fisiologis yang kompleks untuk membuat kita merasa nyaman. Namun, terkadang mengabaikan kebutuhan biologis dapat menyebabkan stres, yang tentunya merugikan kesehatan.

Kita hidup dalam dunia yang sangat penuh tekanan dan tuntutan di mana pikiran dan tubuh terlalu banyak bekerja. Studi terbaru menunjukkan, 70 persen dari semua kunjungan dokter berkaitan dengan stres dan 40 persen dari masalah karyawan berhubungan dengan stres. Jika hal ini berlangsung terlalu lama, stres dapat merusak kesehatan dengan gangguan seperti kecemasan, kelelahan, depresi, insomnia, dan lainnya.
Stres bisa melanda setiap orang, untuk itu hindarilah. Berikut ini ada kiat mengatasi stres.


Perkuatlah tubuh
Perkuatlah tubuh dengan asupan gizi yang cukup. Tidak ada salahnya melengkapi dengan asupan multivitamin dan mineral.

Lakukan Olah Raga
Gerak tubuh akan merangsang keluarnya endorphine, zat yang dapat membuat tubuh merasa nyaman, selain dikenal sebagai antirasa sakit. Itulah sebabnya mereka yang hobi berolahraga biasanya tampak fit dan bahagia.

Tertawa
Tertawa selama 5 sampai 10 menit ternyata dapat merangsang endorphine dan serotonin yang dapat membuat otak lebih tenang.

Berendam air hangat
Berendam air hangat akan dapat meredakan ketegangan karena mampu memperlancar peredaran darah.

Tidur yang cukup
Tidur merupakan salah satu terapi untuk mengurangi kemarahan dan kesedihan karena tidur memberikan kesempatan otak untuk rileks.

Lakukan hobi
Melakukan kegiatan yang disenangi atau melakukan hobi merupakan hal yang menyenangkan. Karena hal itu akan membuat rileks.

Jangan terpaku pada rutinitas
Dapat dilakukan dengan cara sederhana, mulai dari menata ulang kamar tidur, menempuh rute menuju tempat aktivitas yang berbeda-beda, menggunakan waktu makan siang untuk sekaligus cuci mata di pusat perbelanjaan atau melakukan creambath di salon, merapikan meja dan lain-lain.


Merubah Pola Pikir
Hal yang terpenting untuk menghindari stres adalah dimulai dari pola pikir. Jika kita ingin terhindar dari stres yang berkepanjangan, maka kita harus tetap berpikir positif dan membuang semua pikiran negatif yang hinggap di kepala.

 Merubah Perilaku
Kini adalah saatnya untuk kita berhenti mengkhawatirkan pekerjaan yang belum sepenuhnya bisa berhasil kita tangani dan coba berkonsetrasi dengan pekerjaan kita. Yakinkan diri sendiri bahwa kita dapat menyelesaikan semua pekerjaan yang dibebani kendati harus melewati berbagai tahapan yang sulit.

Merubah Gaya Hidup
Kondisi stres memang dapat disebabkan oleh berbagai faktor.
Untuk menghadapinya dapat diatasi dengan melakukan olahraga selama 30 menit setiap hari, selain dapat membuat kondisi tubuh selalu sehat, olahraga juga dapat menjaga pikiran tetap segar.

 Menulis Diary
Mencari tempat dan waktu yang tenang dan mulai menulis. Tidak ada pakem tertentu untuk menulis di diary, kecuali berkata jujur mengenai diri sendiri. Bila perlu, kunci buku diary anda untuk menjaga kerahasiaan agar anda dapat mengungkapkan perasaan secara total.

Bersyukur
Berterimakasih pada supir taksi yang mengantar kita, pada pengambil sampah di rumah, berterimakasih pada Tuhan atas hidup kita. Ada banyak hal yang bisa kita syukuri.
Melakukan aktivitas religius.
Misalnya dengan melakukan ibadah individu seperti membaca Al-Qur’an atau berdzikir di tempat yang sunyi dan tenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar